Jumat, 19 Februari 2010

Dampak Bermain Game

Dampak Dari Game

Hampir semua kalangan masyarakat menyukai yang namanya game, dari anak-anak hingga orang dewasa. Dimulai dari mobile game hingga PC game. Berbagai macam alasan diungkapkan, karena untuk menghilangkan streslah, bosenlah, dan lain-lain.
Zaman semakin berkembang, dahulu game hanya dimainkan di depan TV saja, namun sekarang mulai bermunculan game yang dapat dimainkan di mana saja, seperti PSP dan Nintendo DS. Namun tahukah anda dampak positif dan negatif dari bermain game? Ternyata dengan bermain game banyak pengaruhnya pada kehidupan kita juga lhoo..
Ternyata dengan bermain game kita juga dapat berinteraksi dengan orang lain di dalam game, bisa mendapatkan banyak teman, bahkan mungkin saja bisa menghasilkan uang dengan melalui game online. Game Online adalah game yang membutuhkan koneksi Internet untuk bisa dimainkan. Pemain akan terhubung ke dunia virtual dimana dia bisa menjadi apa saja yang diinginkan dan bisa bertemu siapa saja pemain dari seluruh tanah air atau bahkan seluruh dunia. Seiring dengan bertumbuhnya industri Game Online ini, juga membuka banyak lapangan pekerjaan dibidang game. Bagi gamer tentu saja ini merupakan peluang bagi mereka dalam bekerja sambil menyalurkan hobinya bermain game. Hal ini juga merupakan salah satu dampak positif dari perkembangan dunia game yang semakin pesat belakangan ini. Bermain game juga dapat membantu konsentrasi dari otak, dan dampak positif yang dapat diambil dari permainan game online, seperti mengajarkan anak untuk bermain strategi.
Selain dampak positif yang terdapat dalam bermain game, sudah tentu saja ada dampak negatifnya juga. Banyak dampak negatif yang ditimbulkan dari bermain game dimulai dari lupa waktu, karena bila kita lupa waktu kita juga dapat lupa segalanya, sampai waktu makan dan waktu untuk ibadahpun kadang diupakan sama para pencinta game online. Selain itu game juga berdampak buruk bagi kesehatan, bila terlalu sering bermain game hingga begadang, maka vitalitas tubuh juga akan menurun dan mudah diserang penyakit, dan juga dapat merusak mata bila kita bermain game secara berlebihan. Bahkan bisa menyebabkan serangan jantung..!! (menurut artikel yang pernah saya baca lhoo..dah lama jadi lupa nama artikelnya..haha..). dan bagi anak sekolahan selain dampak kesehatan yang timbul, juga ada dampak yang lainnya, yaitu dikarenakan ketagihan bermain game, maka anak sekolahan tersebut rela bolos sekolah untuk bermain game di warnet (game online).
Banyak cara untuk mengurangi dampak negatif dari game tersebut, cara ini dilakukan orang tua kepada anaknya, karena bagaimana anak berkembang tidak dapat lepas dari didikan orang tuanya.
Oleh sebab itu ada beberapa hal yang dapat dilakukan orangtua kepada anaknya agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan yang diakibatkan oleh bermain game.

pertama diingatkan
Ingatkan anak agar kegiatannya main game tidak sampai mengganggu waktu makan, istirahat atau tidur, dan waktu belajarnya. Selain itu, berikan batasan yang jelas antara waktu untuk bermain dan aktivitas lainnya, dan tegakkan disiplin dalam menjalankannya.

kedua variasikan
Variasikan video game dengan permainan lain yang menuntut interaksi sosial seperti bermain bola, main boneka, dan sejenisnya agar relasinya dengan teman tetap terjalin dengan baik.

ketiga sesuaikan
Pilihkan video game yang sesuai dengan usia dan kemampuan anak. Umumnya pada kemasan video game akan ada petunjuk usia. Batasan tersebut pasti sudah dibuat sedemikian ketat dan bukan hanya terkait dengan usia anak, melainkan dengan perkembangan kognitif anak.

keempat hindarkan
Hindari game yang menyorotkan kekerasan fisik. Visualisasi bentrokan fisik yang ditampilkan dapat memberi gambaran negatif pada anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar