Kamis, 25 Februari 2010

IMK (Interaksi Manusia Dengan Komputer)

Sejarah IMK

Sejarahnya IMK, dimulai dari ide digital komputer yang muncul pada tahun 1700 dan 1800. Kemudian setelah itu teknologi yang tersedia berada pada tahun 1940 dan 1950. Dan pada tahun 1945, seseorang yang bernama Vannenar Bush yang menemukan sebuah konsep yang diberi nama memex device yang dapat fungsinya untuk menyimpan semua informasi, dan juga mempunyai memori yang lebih besar dari sebelumnya, dan dapat membuat jalan melalui jalur material. Setelah itu pada tahun 1960-, seseorang dengan nama J.R. Licklider membuat suatu dalil “manusia-simbiosis komputer” yang maksud dari dalil tersebut yaitu bahwa pasangan otak manusia dan mesin komputer yang akurat untuk revolusi penanganan informasi.

Sehingga setelah kejadian tersebut, dari tahun ke tahun makin banyak sekali penemuan-penemuan pada dunia komputer. Misalkan di tahun 1963-, seorang penemu yang bernama Ivan Sutherland menjalankan suatu operasi berulang dan pena sebagai alat masukkan. Selanjutnya adapun Douglas Engelbart yang menciptakan mouse yang bisa lebih mempermudah manusia berinterkasi dengan komputer. Juga Alan Kay yang mencipatakan dynabook yang sekarang disebut komputer mini atau laptop.

Interaksi manusia dengan komputer yaitu merupakan aktivitas yang banyak dijumpai di kehidupan sehari-hari. Pada saat kita beraktivitas di depan komputer, dalam jangka waktu yang lumayan lama tentunya muncul keluhan dari para pengguna komputer yang disebabkan beban kerja yang dialami oleh pengguna komputer. Beban kerja yang dialami itu berupa beban kerja fisik maupun beban mental. Beban kerja ini dapat terlihat pada saat kecenderungan penurunan performan kerja para pengguna komputer setelah jangka waktu yang cukup lama.

Tujuan utama dari suatu sistem interaktif adalah memungkinkan user mencapai suatu tujuan tertentu dalam suatu domain aplikasi. Sehingga untuk mencapai tujuan tersebut, sebuah sistem interaktif harus dapat didayagunakan.

Yang terlibat dalam IMK adalah :

Manusia atau User

Untuk manusia interaksinya hanya terbatas dalam kapasitasnyaaaaa memproses suatu informasi. Implikasinya yaitu untuk desain.
Informasi pada manusia
• diterima dan direspon melalui saluran (channel) Input/ Output.
• Disimpan di memori
• Diproses dan diaplikasikan.

KOMPUTER
Pada komputer terdiri dari berbagai macam elemen yang masing-masing memberi pengaruh terhadap user.

Yaitu :

  • Peralatan input untuk penggunaan secara interaktif memungkinkan user untuk memasukkan teks, gambar, dan memilih obyek pada layar.
  • Peralatan output untuk penggunaan secara interaktif secara umum adalah beberapa jenis layar serta output dengan suara.
  • Output dan input dalam bentuk kertas.
  • Memori
  • Proses


INTERAKSI
Yang terakhir yaitu interaksi, Model interaksi membantu user untuk memahami apa yang terjadi pada interaksi antara user dan sistem. Model mengakomodasi apa yang diinginkan user dan yang dilakukan sistem. Dialog antara user dan sistem dipengaruhi oleh gaya interaksi. Interaksi terjadi pada konteks sosial dan organisasi mempengaruhi user dan sistem.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar